Waktu

PKS di Indramayu  

Selasa, 06 Januari 2009



Patroli Keamanan Sekolah atau dapat disingkat PKS adalah salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler yang umum ditemui di sekolah-sekolah di Indonesia. Dalam kegiatan ekstrakurikuler ini, para siswa dilatih menjadi semacam "polisi sekolah". Tidak hanya itu saja banyak sekali pengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Mereka diberi pelajaran mengenai Narkoba dan Kenakalan Remaja, supaya mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba itu. Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama Gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan di lingkungan sekolah masing-masing. Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah. betul....

Selain itu juga PKS adalah organisasi yang memang jarang adanya di tiap sekolah. Ini dikarenakan fungsi organisasi PKS yang hampir sama dengan Organisasi Pramuka dari Satuan Saka Bhayangkara.

PKS di Kabupaten Indramayu sangat jarang sekali malahan dapat dihitung dengan jari, walau adanya upaya dari Polres Indramayu untuk mengadakan kegiatan PKS ditiap sekolah tapi tetap saja sekolah belum mampu mengadakan kegiatan tersebut. Ini dikarenakan untuk mencari pelatih atau pembimbing yang menguasai ilmu ke PKS an sangat jarang di Indramayu.

Untuk itu saran buat Bapak Kapolres Indramayu, kalu memang ingin mengadakan kegiatan ke PKS an harusnya perintahkan anggotanya untuk turun dan melatih langsung ke sekolah - sekolah yang belum ada organisasi PKS nya. Atau mengadakan bimbingan kepelatihan buat para pelatih yang ingin menjadi anggota PKS.

AddThis Social Bookmark Button


0 komentar: to “ PKS di Indramayu

 

Design by Amanda @ Blogger Buster